Blog Praktek servis printer & Pendidikan

6 Cara Merawat Masalah Printer Jadul

Mengatasi masalah yang sering terjadi pada printer melalui postingan kali ini tentang 6 Cara Merawat Masalah Printer Jadul, cerita sedikit tentang masalah printer. Saya memiliki printer Epson Stylus TX550W tergolong kategori printer jadul di tahun 2016 ini. printer Epson tipe TX550W ini termasuk printer yang lumayan komplit  sudah di lengkapi dengan scanner, port USB, Cartrider dan juga wireless. Pada printer yang mulai tua banyak sekali permasalahan terjadi kalau kita tidak membiasakan untuk merawatnya, yang biasa terjadi masalah pada printer seperti Tinta tidak keluar dari catridge, catridge tidak di kenali, hasil printer buruk, kertas keluar kotor, Kertas Hasil Printer Loncat atau anjlok, printer mati total, dan masih banyak lagi. Kenapa penulis hanya menyebutkan 6 saja ? karena masalah yang sering penulis temukan dilapangan hanyan 6 permasalahan printer yang disebutkan diatas, untuk postingan kali ini yaitu 6 Cara Merawat Masalah Printer Jadul.
masalah Printer Jadul
Sebelum masalah itu terjadi sebaiknya jangan malas untuk merawat printer kita agar tetap awet dan tahan lama. Pada postingan kali ini penulis akan berbagi tips cara merawat Printer agar tetap tahan lama walaupun sudah tua.

1. Tinta tidak keluar dari catridge
Masalah ini biasa terjadi ketika printer sudah lama tidak di gunakan untuk mencetak, maka dari itu agar printer anda terhindar dari masalah yang satu ini sebaiknya setiap hari printer selalu dipakai untuk mencetak 1 lembar full color, tujuannya supaya tinta yang berada di dalam catridge tidak membeku yang menyebabkan tinta tidak keluar dari catridge

2. Catridge tidak dikenali
Catridge printer tidak dikenali bisa dilihat dari Pringatan tampilan layar komputer laptop, terjadinya printer tidak bisa mengenali catridge itu biasanya ada beberapa alasan, salah satunya dikarenakan chip catridge kotor, chip catridge tidak menempel pada tempatnya atau longgar, chip catridge perlu di ganti dan fuse atau sikring pembaca tinta putus. Perawatan atau pencegahan yang harus dilakukan agar masalah printer yang disebutkan di atas tidak terjadi, biasakan selalu memeriksa dan membersihkan chip catridge kalau terlihat ada kotoran yang menempel baik itu kotoran debu atau juga tinta dan untuk membersihkannya bisa memakai tisu atau penghapus karet dengan hati-hati jangan sampai chip terkena pada kulit, selanjutnya cek apakah chip catridge sudah berada pada tempatnya, dan yang terakhir apabila kedua tips tadi sudah dilakukan ternyata masih tetap tidak ada perubahan itu berarti fuse sikring terputus.

Artikel terkait : 

3. Hasil Cetak Printer Buruk tidak sesuai yang diharapkan
Masalah printer sudah mulai tua biasa terjadi Hasil printer jelek , ini bisa disebabkan dengan beberapa faktor salahsatunya yang biasa terjadi yaitu emang printer sudah lanjut usia dan head catridge mulai tua sudah tidak stabil lagi, bisa juga ada pembekuan terjadi di dalam head printer tersebut yang menyebabkan penyumbatan entah itu ada debu masuk atau tinta beku sehingga tinta keluar sebagian yang bisa menyebabkan hasil cetak jelek. Jadi perawatan yang harus dilakukan selalu biasakan cleaning setiap printer lama tidak di pakai, ada bagusnya 3 hari sekali, jangan terlalu sering bisa menyebabkan blinking. 

Artikel terkait : 

4. Kertas yang Keluar Dari Printer Kotor
Sering terjadi ketika kita sedang malakukan pencetakan yaitu kertas terkena kotoran tinta atau debu yang menempel pada bagian Rol kertas atau penarik kertas, itu disebabkan kerena kita tidak pernah untuk membersihkannya, maka dari itu supaya membiasakan pembersiahan maksimal 1 bulan sekali minimalnya 1 minggu sekali agar selalu terjaga dan tidak mengganggu pada waktu dipakai pencetakan. Cara memberisihkannya kita bisa menggunakan bawaan aplikasi Drivernya melalui Paper Guide Cleaning, atau juga bisa langsung pakai cairan pembersih salahsatunya menggunakan Alkohol 70% dengan memakai tisu.

Artikel Terkait :

5. Hasil Printer Loncat atau Anjlok
Pada printer yang sudah tua masalah ini paling sering ditemukan, itu disebabkan karena sensor yang menempel pada printer sudah terkena kotoran dan waktunya untuk dibersihkan, jadi antisipasi yang perlu dilakukan adalah selalu membersihkan bagian sensor printer agar tetap bersih dan terjaga dari tinta dan kotoran atau debu. Pakailah cairan pembersih atau bisa juga pakai air panas dengan memakai lap tisu.

Artikel Terkait :

6. Printer Mati Total
Printer bisa hidup salahsatunya yaitu adanya Power yang langsung terhubung ke listrik, matinya sebuah printer yang harus di periksa keadaanya adalah pada bagian power suply, coba di periksa apakah power supply printer tersebut masih hidup atau sudah mati, kalau power supply mati berarti ganti dengan yang baru supaya cepat, bisa juga supaya lebih irit kalau misalnya ada keahlian silahkan untuk memperbaikinya sendiri atau bawa saja Power suply tersebut ke ahli servis elektronik. Yang kedua printer mati total bisa juga dikarenakan dioda yang menempel pada matherboard printer tersebut putus akibat arus tidak setabil kalu itu terjadi berarti sudah waktunya untuk mengganti dioda tersebut. Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu selalu teratur cara menghidupkan dan mematikan power printer jangan matikan printer tanpa menekan tombol On Off atau jangan langsung cabut dari colokan listrik tanpa menekan tombol On Off.

Artikel Terkait :

Sekian yang penulis sampaikan tentang 6 Cara Merawat Masalah Printer Jadul agar selalu terjaga atau terhindar dari segala masalah yang menyebabkan Printer anda tidak bisa dipakai dengan apa yang anda harapkan. Selamat mencoba..

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB