Blog Praktek servis printer & Pendidikan

Masalah Printer Epson Tipe L110,L210,L300,L350,L355

Cara Perbaiki Masalah Printer Epson Tipe L L110,L210,L300,L350,L355 Ink Run Out Dengan Cara Menual Tanpa Harus Menggunakan Software

Berawal dari permintaan saudara perempuan saya untuk memperbaiki printer Epson miliknya yang tiba-tiba sama sekali tidak bisa dipakai untuk mencetak walaupun printer tersebut dalam keadaan hidup, tipe Printernya Epson L300. Setelah dilihat di TKP tinta sama sekali tidak terdeteksi atau tidak mau keluar ketika hendak melakukan aktivitas pencetakan.  Saya menyimpulkan bahwa printer Epson L300 tersebut sudah waktunya untuk di Resset Ulang karena printer L300 tersebut mengalami masalah Ink Run Out atau tinta tidak mau keluar .

Dengan hal tersebut, Penulis langsung mencoba Mencari informasi lewat mang google.com mengenai kata kunci sebagai berikut 
- Cara Mengatasi Tinta Epson Tipe L110,L210,L300,L350,L355 yang tidak Keluar tintanya 
- Cara Mengatasi Printer Epson Tipe L110,L210,L300,L350,L355 Error Ink Run Out
-  Mengatasi Masalah Printer yang tidak bisa mendeteksi Tinta pada Epson Tipe L110, L210, L300,
   L350, L355

Mengenai masalah tersebut penulis akhirnya mendapatkan solusi mengenai Cara Mengatasi Masalah Printer yang tidak bisa mendeteksi Tinta pada Epson Tipe L110,L210,L300,L350,L355,  sebenarnya  Printer Error tersebut menurut saya bukanlah suatu kerusakan patal yang membuat kita cemas mengenai bagaimana cara memperbaiki dan berapa biaya perbaikinya... Jangan khawatir dengan adanya masalah printer Epson Tipe L300 tersebut karena masalah tersebut sudah biasa terjadi khususnya pada printer tipe L, jenis error ini  merupakan suatu peringatan yang memang sudah di program seperti itu adanya, dalam artian bahwa error tersebut merupakan suatu tanda atau peringatan untuk kita bahwa Kita harus Mengisi Tinta, atau harus kita Reset agar indicator bisa kembali normal seperti semula.

Resset Epson L300 Manual
Gambar 1
Catatan :
Berhubungan dengan indikator Tinta yang ada pada tampilan monitor anda melalui aplikasi bawaan printernya,, itu tidaklah sesuai dengan kondisi sebenarnya, atau bisa kita katakan bahwa indicator tersebut tidak lah akurat sebagaimana mestinya,, bisa saja anda telah Mengisi Tinta dan Cartridge Sudah Penuh namun di tampilan layar monitor Disitu tampilannya malah hampir Habis,,, Atau sebaliknya tinta sudah kosong tapi tampilan di layar Monitor Penuh, jadi kita tidak bisa mengambil patokan dari tampilan yang ada pada monitor tersebut.

Untuk Selanjutnya mari kita kembali ke topik tentang cara Penyelesaian Masalah Pada Printer Epson Tipe L L110,L210,L300,L350,L355 Ink Run Out Dengan Cara Menual Tanpa Harus Menggunakan Software, pada masalah ini biasanya di tandai dengan munculnya peringatan seperti gambar di bawah ini.
Resset Epson L300 Manual
Gambar 2
Cara memperbaiki masalah tersebut cukuplah mudah asal satu syarat anda harus yakin bahwa anda bisa !! silahkan anda ikuti Langkah-langkah tahapan dibawah ini dengan tepat;
  1. Langkah pertama silahkan anda pastikan dulu printer dalam keadaan On atau Off ?.. jika printer anda masih dalam posisi Off  atau mati, silahkan hidupkan dulu Tekan Tombol On yang berada pada printer anda.
  2. Langkah Kedua. Setelah tekan tombol On tunggu dulu Head Printer akan bergerak dengan bergerak ke kiri dan ke kanan, biasanya saat proses itu berlangsung, Lampu/Led indikator pada Printer akan nyala juga, tunggu sampai printer menyelesaikan proses Booting sampai benar-benar head printernya diam.
  3. Langkah Ketiga. Tekan pada Tombol Resume dan tahan selama 5 Detik dan jangan salah pilih tombol resumenya ( Bagian Tombol yang ngeblink ). 
  4. Langgkah Keempat . Lepas Tombol Resume dengan jeda jangan terlalu lambat, kemudian tekan lagi tombol resume lalu tahan lagi selama 3 Detik,
  5. Langkah kelima. Lepas lagi tombol resume Dengan Cepat!!!., Tekan lagi Tombol Resume jangan terlalu lama sekitar 1 detik.
  6. Tunggu beberapa saat dan jika tombol power printer epson anda sudah berwarna hijau berarti sudah siap digunakan
  7. Selesai ...... Selamat Printer anda siap untuk anda gunakan kembali.
Dengan mengikuti beberapa langkah-langkah diatas, penulis berharap dan yakin sobat bisa melakukanya dengan tepat,, untuk menerapkan langkah tersebut sebaiknya sobat sambil mempraktekkannya secara langsung.  

Perhatikan pada langkah Nomor 3, nomor 4 dan nomor 5 yang diperhatikan adalah saat sobat melepas tombol resume,, pastikan saat sobat menekan tombol Resume yang penulis sebutkan lakukanlah lepas dan pindah tombol Secara Cepat jangan terlalu panjang jeda...

Sekian yang penulis sampaikan semoga bermanfaat dan bisa membantu anda untuk memecahkan masalah Pada Printer Epson Tipe L L110,L210,L300,L350,L355 Ink Run Out Dengan Cara Menual Tanpa Harus Menggunakan Software , dengan cara seperti ini Anda tidak perlu menginstall software aplikasi resetter printer yang biasanya sering digunakan untuk mereset tinta printer epson ataupun tipe printer lain.

Silahkan dibaca juga artikel terkait pada postingan lainnya :
- Mengatasi Semua Masalah Printer
- Bagian Printer yang harus selalu terjaga supaya tahan lama
- Cara sharing atau Bagi Pakai Printer Biasa yang belum dilengkapi Wifi tanpa softaware apapun
- 9 detik memperbaiki printer epson
- Mengatasi masalah Head printer Epson yang bergaris
- Printer Mati Total Hidup Kembali
- Cara Cepat Mengetahui Dioda printer yang putus atau rusak
- Tips Printer Tahan Lama
- Mengatasi Masalah General Error Pada Printer Epson T13

2 comments:

  1. Min bagai mana Caranya kalau printer tidak bereaksi sama sekali

    ReplyDelete
  2. kalau tidak ada pergerakan head pada waktu printer dinyalakan, berarti printer perlu di resset. silahkan ada pada postingan pada blog ini, semoga bisa membantu..

    ReplyDelete

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB