Blog Praktek servis printer & Pendidikan

2 Penyebab Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer iP2770

Mengetahui penyebab dan cara mengatasi masalah Tinta hitam yang tidak keluar pada printer Canon iP2770.
2 Penyebab Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer ip2770
Permasalahan yang sering timbul dan pasti akan terjadi disaat kita sedang memakai printer ketika melakukan pencetakan, terkadang hasil cetakannya itu tidak sempurna, bergaris , putus-putus, tinta hitam tidak keluar, dan tinta warna juga tidak keluar meskipun kita telah melakukan Head Cleaning terus menerus, namun tidak ada perubahan sama sekali. 

Pengalaman yang pernah penulis alami itu terjadi pada printer canon ip2770 yang tidak keluar tinta hitamnya dikarenakan ada penyumbatan pada bagian head printer tersebut.

Adapun 2 penyebab yang harus kita ketahui ketika Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer Canon ip2770 adalah sebagai berikut :

1. Printer dipakai mencetak dokumen tidak beraturan, biasanya masalah tinta hitam tidak keluar dikarenakan terlalu banyak mencetak bahkan sampai 100 halaman hanya satu kali pencetakan, yang akan menyebabkan Head printer menjadi panas yang akhirnya beresiko kerusakan terhadap head catridge printer tersebut. 

Pada masalah ini kita bisa melakukan Pencegahannya : Alangkah baiknya jangan melakukan pencetakan seperti tersebut diatas, bilamana file yang harus dicetak lebih dari 100 halaman sebaiknya diberi jeda waktu atau dibagi 2 menjadi 50 lembar per satu kali pencetakan dan istirahatkan dahulu printer sebelum melakukan pencetakan selanjutnya, minimal 1 menit waktu jeda.

2. Penyebab lain pada masalah Printer tidak keluar tinta hitamnya adalah terlalu lama printer tidak dipakai untuk mencetak, atau terlalu lama menganggur dan menyebabkan tinta hitam pada printer canon ip2770 menjadi mengering atau membeku  sehingga menutupi Nozzle Head.

Maka dari itu untuk masalah point 2 ini kita perlu melakukan pencegahan dengan cara printer selalu dipakai pencetakan minimal 1 minggu sekali dengan pencetakan full warna dari mulai hitam, kuning, merah dan biru agar tinta printer tidak terjadi penggumpalan atau pembekuan didalam catridge yang akan menyebabkan tinta sulit keluar atau tidak bisa keluar samasekali walapun sudah di cleaning.

Bagaimana jika kita terlanjur terkena dampak dari kesalahan pemakaian printer yang menyebabkan tinta printer khususnya warna hitam tidak keluar sehingga kita tidak bisa mencetak dokumen dan ingin memperbaikinya. 

Langsung saja Solusi untuk mengatasi Masalah tinta hitam tidak keluar pada printer Canon ip2770 adalah sebagai berikut :
2 Penyebab Tinta Hitam Tidak Keluar Pada Printer ip2770

Alat dan Bahan yang harus dipersiapkan 
  • Mangkuk yang besih
  • Air Hangat
  • Tisu

Cara Kerjanya 
  • Ambil mangkuk yang telah dipersiapkan
  • Tuangkan air hangat pada mangkuk kira-kira ketinggian air 1 cm
  • Lepaskan Catridge yang bermasalah dari printer dan Masukan kedalam mangkuk
  • Lubang tinta dan Chip jangan sampai terendam air, ketinggian air cukup sampai bawah chip catridge
  • Tunggu 5 -10 menit ( jangan sampai air keburu dingin)
  • Setelah selesai direndam bersihkan mulut catridge bagian bawah menggunakan tisu sampai sisa-sisa air benar-benar kering 
  • Selanjutnya jemur dibawah terik matahari atau keringkan menggunakan pengering rambut
  • Setelah semuanya selsai silahkan dipasang kembali Catridge yang bermasalah tadi.
  • ( Peringatan!! Sebelum catridge dipasang pada printer harus benar-benar yakin tidak ada air yang tersisa yang bisa menyebabkan board printer rusak)
  • Terakhir silahkan cleaning dan coba hasil print out printernya.

Sekian penulis sampaikan cara murah meriah pakai alat dan bahan tradisional seadanya untuk memperbaiki masalah printer pada catridge warna hitam tidak keluar tinta atau terjadi pembekuan didalam yang menyebabkan hasil cetak blank kosong.

Biasanya masalah Cartridge pada printer canon yang tinta hitamnya tidak keluar atau hasil cetak blank putih cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang saya uraikan diatas sampai dengan selesai dan hasilnya juga berhasil Printer kembali normal. Untuk itu silahkan anda mencoba dan semoga berhasil.

Cara Bongkar Lepas Board Printer Canon MP280

Video Cara Mengatasi Masalah Printer Canon IP2770, MP280, MP237 Error B200 dan P10


10 comments:

  1. Replies
    1. Muhun kang Enjoy WM ...semoga bisa membantu. terima kasih telah mampir..

      Delete
  2. ijin sharing gan.
    koleksi video tutorial printer gratis

    https://www.youtube.com/channel/UCE9qCKpPzjGBx9Md7sqggjA?sub_confirmation=1

    .........



    ReplyDelete
  3. kalau masalahnya katrid hitam sudah sya ganti baru tapi tetap gak bisa keluar tinta hitam, mohon solusinya..

    ReplyDelete
  4. masalahnya katrid hitam sudah saya ganti baru tapi kalau untuk ngeprin tetap tidak keluar tinta hitamnya, dipengaturan sudah sya atur pemakaian katrid hitam dan warna. mohon solusinya..

    ReplyDelete
  5. Yang pernah saya lupakan belum melepaskan pita pelindung Catridge yang berada dibawah catridge tepatnya pada mulut semprot.

    selanjutnya :

    Coba dikocok catridgenya jangan terlalu kuat, lakukan dengan hati-hati jangan samapai tangan menyentuh pin kuningan atau mulut semprot pada catridge. coba pasang kembali ...

    ReplyDelete
  6. catridge hitam sudah saya ganti baru, di cek nozzle tidak keluar, pita di bawah catridge juga sudah di lepas, di tes print juga gak keluar tintanya, kalau di coba di printer lain bisa catridnya, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba Kabel Flexinya di cek biasanya tidak pas pada socket dudukannya

      Delete

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB