Blog Praktek servis printer & Pendidikan

Cara membuat Kartu Peserta Ujian UAMBN ,Try Out Tahun 2016

Cara membuat Kartu Peserta Ujian Try Out Tahun 2016 dengan mail merge Ms. Word 2007
Posting kali ini penulis sampaikan Cara membuat Kartu Peserta Ujian Try Out Tahun 2017 dengan  mail merge Ms.Word 2007, Mail merge adalah salah satu fasilitas di Microsoft Office Word yaitu untuk membantu atau mempermudah pengguna dalam pekerjaan membuat satu format surat, banyak berbagai tujuan seperti nama siswa, nomor peserta, tempat lahir dan sebagainya. Pengguna tidak perlu lagi mengetik satu persatu Nama, nomor peserta, tempat lahir  dan lain-lain, cukup hanya dengan mengetik daftar nama serta nomor peserta yang dikehendaki maka nama, nomor peserta  yang dibuat akan langsung bergabung dengan format surat yang sudah dibuat sebelumnya.
Selain membuat kartu peserta Mail merge juga membantu kita untuk membuat sebuah dokumen surat yang isinya sama untuk penerima yang berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila penerimanya sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat sertifikat, label, dan amplop.
Perlu diperhatikan untuk persiapan membuat Kartu Peserta Ujian Try Out tahun 2016 dengan mail merge Ms. Word 2007 terdiri dari 2 yaitu :
-  Mempersiapkan Dokumen Master
- Mempersiapkan Data Sourcedapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook dan sebagainya.
Pada tutorial ini penulis menggunakan Ms.Excel 2007, karena cara ini lebih cepat.
Berikut 4 langkah-langkah Cara membuat Kartu Peserta Ujian Try Out Tahun 2016 dengan  mail merge Ms.Word 2007.
1. Membuat Data Source
Buatlah data source menggunakan ms.office excel seperti contoh di bawah ini :
mail merge
mail merge
2. Membuat Dokumen master
Buat dokumen master Kartu Peserta Ujian Try Out Tahun 2016 dengan Ms.Word 2007. seperti contoh di bawah ini dan simpan dengan nama Master Surat. Beri jarak untuk menaruh nama, tempat tanggal lahir dan nomor peserta. setelah selesai membuat dokumen master , jangan di tutup dulu dokumen Master Surat  untuk di lanjutkan ke cara menggabungkan source dengan Master.

mail merge

3. Cara Menggabungkan Data Source dengan Dokumen Master
Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Select Recipients.

mail merge

Pilih Use Existing List, dan cari lokasi dokumen (Data Surat) pada kotak dialog Select Data Source. Kemudian klik Open untuk menampilkan kotak dialog Select Table.
mail merge

Pada kotak dialog Select Table, klik lembar kerja yang berisi sumber data dan pastikan kotak First row of data contains column headers dicentang. Kemudian klik OK.
mail merge

Taruh di kursor di bawah tulisan Nama Peserta, kemudian pada Mailings tab, grup Write & Insert Fields,  klik  Insert Merge Field dan pilih Nama.
Lakukan juga hal yang sama pada Tempat Tanggal Lahir , Nomor Peserta  dan sekarang tampilan dokumen akan seperti contoh di bawah ini.

mail merge

- Terus Bagaimana Jika kita menginginkan hanya data tertentu saja yang ingin dipilih ?....
Jawabannya adalah :
Pada Mailings tab, grup Start Mail Merge, klik Edit Recipient List.
Di kotak dialog Mail Merge Recipients, kosongkan kotak pada daftar seperti contoh di bawah ini.
Bila ada penambahan data baru di Excel, klik nama dokumen pada Data Source dan klik tombol Refresh. Data yang baru akan ditampilkan di daftar.

mail merge

Untuk melihat hasil penggabungan, klik tombol PreviewResults. kemudian kartu peserta akan ditampilkan per data. Klik tanda panah untuk berpindah antar data. Jika masih ada yang ingin diubah, klik lagi tombol PreviewResults dan lakukan perubahan yang diinginkan.

mail merge

4. Tahap keempat Menyimpan dan Mencetak Mail Merge

mail merge

Hanya Sekian yang bisa penulis sampaikan mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membantu bagi kalian yang kebetulan sedang mencari cara membuat Kartu Peserta Ujian Try Out Tahun 2016 dengan mail merge Ms. Word 2007.

Contoh Aplikasi Jadi Klik Link download dibawah ini :
download Kartu Peserta Ujian
Download disini
Download
Download Via mediafire
Pasword : bahacyl.blogspot.com

Catatan : Bila kesulitan download bisa hubungi Kontak atau komentar dibawah , nanti bisa bahacyl kirim lewat email

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB