Blog Praktek servis printer & Pendidikan

Printer Canon IP2770 Error 5200

3 Cara Mengatasi Printer Yang Memiliki Masalah Dengan Kode Error 5200 Pada Printer Canon IP2770
3 Cara Mengatasi Printer Yang Memiliki Masalah Dengan Kode Error 5200 Pada Printer Canon IP2770

Printer Canon iP2770 merupakan printer ekonomis dan printer tipe ini tergolong printer Bandel buktinya sampai tahun 2016 ini masih bertahan dengan kekuatannya,, Printer tipe IP2770 ini keluaran terbaru dari vendor Canon di musimnya, meskipun demikina yang namanya alat atau barang pasti ada masalah kerusakanya, printer Canon iP2770 ini juga tidak terlepas dari masalah error yang akhir-akhir masih banyak ditanyakan dan diperbincangkan tentang masalah error pada printer Canon IP 2770..dan Salah satu temuan dikalangan servis home to home yang sering saya temukan yaitu tentang masalah printer iP2770 yang keluar error 5200 pada saat akan mulai proses print. Dan kalau dihitung jumlah blinkingnya yaitu satu kali hijau dan 8 kali orange. Nah timbulah pertanyaan Bagaimana cara mengatasi Error 5200 Pada printer IP 2770 ? atau pertanyaannya seperti ini Cara memperbaiki Printer Canon IP2770 dengan Kode Error 5200 ? atau seperti ini Canon IP2770 Error 5200 ?.... baiklah langsung saja kita bahas tentang Cara Mengatasi Printer Yang Memiliki Masalah Dengan Kode Error 5200 Pada Printer Canon IP2770..jangan terlalu banyak pertanyaan. Karena malu bertanya sesat di jalan...

Apa Ciri-ciri Printer Canon IP 2770 yang memiliki masalah kode error 5200 ?

Hubungkan dulu power printer pada listrik Coba tekan tombol On pada printer kemuadian setelah printer iP2770 dihidupkan, printer ini akan melakukan booting ditandai dengan berkedipnya led hijau sampai led hijau menyala penuh. Printer iP2770 ini kelihatannya normal –normal saja karena dengan menyalanya led hijau ini.  Coba sobat test untuk mencetak dokument atau gambar, awalnya emang kaya normal pas dipakai ngprint akhirnya keluar error 5200. Dan printer iP2770 tersebut akan mengalami blinking dengan orange 8 kali  hijau 1 kali...

Kenapa Printer Ip 2770 saya terkena error 5200 ?

Perlu diketahui pada catridge Printer ini menggunakan catridge tipe PG810 untuk hitam, dan CL811 untuk catridge warnanya. Ternyata kedua catridge ini memiliki sensor tekanan temperatur yang sangat sensitif. Dan apabila sensor tekanan temperatur mendeteksi salah satu catridge ternyata ada masalah baik itu ada cairan selain tinta masuk ke rumah catridge apalagi masuk kedalam catridgenya, bisa juga pin pin kecil yang berada dibelakang catridge terhalang kotoran atau terkena tangan dengan beberapa hal tersebut maka printer iP2770 akan mendeteksi masalah pada salah satu catridge atau bisa juga dua-duanya maka akan memuncullah pesan error 5200 melalui tampilan layar monitor. Dan ternyata yang sering bermasalah adalah catridge warnanya CL811 karena catridge warna ini terdapat ada tiga warna didalamnya jadi sangat sensitif sekali.

Bagaimana Cara Mengatasi Canon iP2770 Error 5200  ?

Berikut penulis sampaikan 3 Cara Mengatasi Canon iP2770 Error 5200 :  

Cara Pertama :
Cara pertama ini Yang paling mudah dan paling gampang tapi dengan syarat bermodalkan uang, Cara ini adalah cara yang paling mudah tapi mengeluarkan banyak uang yaitu dengan mengganti catridge warna iP2770 yang error 5200 tersebut, maka masalah pun teratasi.  Gambaran Harga Catridge Black sekitar = Rp.195.000  Catridge Warna = Rp. 245.000  Harga Printer Canon iP2770 New sekitar 500.000.. malah mahalan catridge daripada Printernya..

Cara Kedua 
- Printer iP2770 dalam keadaan mati dengan kabel listrik terpasang.
- Tekan tombol RESUME 2 detik dan tahan, kemudian tekan tombol POWER sampai led hijau nyala.
- Kemudian lepas tombol RESUME, tapi jangan lepas tombol POWER.Sambil tombol POWER
  masih tertekan, tekan tombol RESUME 5 kali. Led akan menyala bergantian orange hijau dengan
  nyala terakhir orange.
- Lepaskan kedua tombol bersamaan.
- Led hijau akan berkedip  sebentar dan kemudian akan nyala penuh.
- Dan Komputer akan mendeteksi hardware baru, abaikan saja.
- Tekan tombol POWER, maka printer akan mati.
- Tekan lagi tombol POWER maka printer akan nyala dan iP2770 yang tadi error 5200 sudah siap
   digunakan kembali.

PENTING : jangan sampai keliru hanya 4x tekan RESUME, karena printer akan mati total, tapi sifatnya sementara. Kalau hal ini terjadi, lepas kabel USB dan kabel listrik. Diamkan selama 2-4 jam, kemudian coba printer anda.
Cara mengatasi iP2770 error 5200 yang kami jelaskan ini, sifatnya sementara sampai listrik dicabut. Jadi kalau listrik tercabut maka iP2770 akan error 5200 lagi. Dan cara mengatasinya yaitu ulangi langkah diatas.

Cara Ketiga : ( Cara Extrime yang satu ini tidak saya Anjurkan!! )
Cara ini harus benar-benar yakin bahwa catridge sudah benar-benar rusak!! Dan resiko ditanggung sendiri. Pengalaman saya sendiri pernah mencobanya dan hasilnya allhamdulillah normal kembali,, gax tahu itu kebetulan atau apalah...yang penting sampai sekarang masih terpakai.. 
Berikut caranya :
- Panaskan Air  sampai mendidih
- Kemudian rendam catridge sampai benar-benar bersih dari tinta
- Lap Pakai Tisu sampai kering
- Keringkan dengan cara di jemur dibawah terik panas matahari
- Setelah benar-benar kering sampai ke dalam silahkan isi ulang tintanya
- Terakhir pasang kembali catridgenya..
- silahkan coba nyalakan printernya kemudian pakai print.
- selesai

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB