Blog Praktek servis printer & Pendidikan

7 Langkah Khusus Menyembunyikan dan Menampilkan Drive Laptop Tanpa Software

Inilah 7 Langkah Khusus Menyembunyikan dan Menampilkan Drive Yang Berisi Informasi atau Data Pribadi Anda Menggunakan Command Prompt tanpa harus menggunakan software

Yang harus dipikirkan ketika anda mau berbagi pakai komputer atau laptop dengan pengguna yang berbeda atau dengan orang lain, Pasti ada risiko yang berhubungan dengan keamanan data pribadi anda. Flashdisk atau CD sebagai pilihan untuk amankan data anda, tapi apa yang Anda pikirkan jika data Anda dalam ukuran lebih dari 100 GB. Kemudian anda hanya memiliki Flashdisk atau CD untuk mengamankan Data. Anda mungkin ingin mengamankan data penting pribadi Anda dari penyalahgunaan atau gangguan. Jangan khawatir di postingan kali ini penulis akan berbagi pengalaman kepada Anda tentang trik menyembunyikan drive yang berisi informasi data pribadi Anda menggunakan command prompt tanpa harus menggunakan software.  trik sederhana ini mencegah data Anda untuk diakses oleh pengguna yang tidak sah. Berikut langkah-langkah untuk melakukannya :

Untuk menyembunyikan drive Laptop menggunakan CMD :
  1. Klik Start 
  2. Pada kotak pencarian Ketik cmd lalu tekan Enter  ( Ini membuka command prompt pada layar Anda dalam waktu kurang lebih 5 detik.) atau bisa lewat jendela Run  caranya tekan pada keyboard tombol Windows+R dan tekan tombol Enter atau klik tombol OK
  3. Setelah tampilan command prompt terbuka C:\users\bahacyl> tuliskan atau ketik  DISKPART kemudian Enter nanti akan ada dua pilihan , langsung tekan Ok atau Yes untuk melanjutkan ke tampilan DISKPART
    Diskpart CMD
    Gambar 
  4. Berikutnya setelah DISKPART> tampil langsung Ketik List volume pada command prompt terhadap DiskPart>. (Ini akan menampilkan informasi drive komputer Anda. Ini memberikan rincian volume, Letter yang disingkat Ltr yang menunjukkan nama-nama drive, label (jika ada) Format drive dan size atau ukuran drive.) perhatikan pada gambar dibawah ini :   
  5. Command Prompt
    Gambar 2
  6. Pilih jenis volume, misalnya pilih volume 0, caranya dengan menuliskan select volume 0 pada DiskPart> dan tekan Enter (lihat nomor 2 pada gambar 2 diatas). Anda akan melihat pesan bahwa volume 0 dipilih seperti ini Volume 0 is the selected volume . (Anda harus memilih drive dengan menempatkan nomor volume yang menunjukkan drive tertentu. Dalam contoh ini, volume 0,Volume 1,volume 2,volume 3, Volume 4, dan Volume 5 yang menunjukkan drive F, H, G, C, D dan E)
  7. Sekarang ketik remove letter F di command prompt terhadap DISKPART> dan tekan Enter (lihat gambar 2 diatas pada bagian nomor 3). Kalau berhasil akan menunjukkan pesan “DiskPart successfully removed the drive letter or mount point” . (Perhatikan bahwa volume 0 menunjukkan huruf  F, dalam hal ini berarti yang akan Anda sembunyikan adalah Drive F.)
  8. Sekarang buka jendela My Computer, Anda akan melihat drive F menghilang. Sekarang restart komputer Anda.

Cara Menampilkan Drive yang telah disembunyikan lewat comman prompt

Berikut langkah –langkahnya : 
  1. Jika Anda ingin mengambil drive lagi dan menampilkannya pada daftar list, ikuti langkah-langkah di atas sampai langkah nomor 5.
  2. Kemudian Ketik assign letter F dan klik tombol Enter. Sekarang restart komputer Anda. drive Anda yang tersembunyi akan tampil kembali.

*Catatan:
  • Pastikan Anda mengetik Volume drive dan masing-masih Huruf yang benar untuk melakukannya.
  • Jangan lupa untuk me-restart komputer ketika Anda telah melakukan pengaturan yang diterapkan.
Tutorial Berupa Video Bisa dilihat disini .....
https://www.youtube.com/watch?v=Jrg8M9BX6XQ

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB