Blog Praktek servis printer & Pendidikan

2 Perbandingan Laptop vs. Tablet PC vs. Smartphone

Tiga pilihan yang bisa menjebak anda dalam memilih alat komputasi, silahkan dipilih 3 Pilihan tersebut apakah anda memilih Laptop, PC, Tablet smartphone. Dalam beberapa tahun terakhir, terutama dua dekade terakhir, ada perubahan revolusioner dalam desain dan ketersediaan perangkat komputasi yang berbeda,  yang sudah beredar beberapa perangkat komputasi yang sudah populer saat ini seperti Laptop, Tablet PC atau Smartphone Dan desktop Personal Komputer yang merupakan pelopor komputasi personal. Namun, tiga pilihan ini tampaknya sangat membingungkan ketika dilihat dari segi pandangan kegunaannya. Ketika mereka ingin membeli perangkat komputasi mengatakan untuk tujuan profesional atau pendidikan, biasanya mereka terjebak di antara tiga pilihan ini, Laptop vs Tablet PC vs Smartphone. Yang seharusnya mereka pilih ?...
2 Perbandingan Laptop vs. Tablet PC vs. Smartphone
Laptop Vs. Smartphone Vs. Tablet PC
Alasan sederhana bahwa beberapa perangkat dalam kelompok dapat memeberikan anda lebih banyak produktivitas dari yang anda harapkan. Misalnya anda tidak mengherankan utuk mengetahui bahwa Apple iPad akan jauh produktif daripada laptop dengan konfigurasi yang lebih rendah, dan anehnya bahkan beberapa ahli masuk ke bidang ini kebingungan ketika datang untuk membeli produk tersebut.  Oleh sebab itu penulis memberikan perbandingan kepada anda agar tidak salah pilih ketika anda mau membeli alat komputasi antara Laptop, Tablet PC dan Smartphone senigga Anda akan mendapatkan ide yang jelas tentang tujuan standar perangkat ini dan yang terbaik untuk kebutuhan anda. Kita akan melihat perangkat ini dari perspektif yang berbeda, sperti portabilitas, harga, model, kegunaan dan lain-lain.

1. Laptop
Kita semua pasti tahu apa itu Laptop, laptop adalah komputer pribadi yang bisa kita bawa kemana saja ketika kita akan membutuhkannya. Laptop kadang disebut Notebook bisa juga disebut Komputer Notebook. Dari mulai ukuran dan bentuknya juga berbeda. Dilihat dari layarnya laptop dari mulai 10 inci, 11 inci sampai dengan 17 inci. User atau pengguna Laptop dapat memilih ukuran yang lebih disukai harus sesuai juga dengan tujuan memiliki laptop serta berapa anggaran yang dimiliki untuk membeli laptop sesuai selera tersebut. Sebelum membeli laptop pasti akan ada dua pihak orang-orang yang berpikiran seperti ini :

Perbandingan Pertama Tentang Laptop

  • Laptop merupakan pilihan yang tepat untuk alat komputasi sebagai pelengkap kebutuhan untuk bekerja, sekolah, kuliah dan lain sebagainya, laptop juga merupakan perangkat yang memiliki layar yang besar.
  • Laptop dapat melakukan segala sesuatu pekerjaan yang sama persis seperti yang dilakukan pada komputer desktop PC, termasuk bermain game, mengakses internet dan lain sebagainya.
  • Laptop terkadang dapat melakukan sesuatu yang tidak mungkin dilakukan didalam komputer desktop, seperti Layar Laptop sudah dilengkapi layar sentuh, Kamera dan juga bisa mengirim file lewat bluetoot, wifi, itu semua tanpa harus menggunakan hardware tambahan. Itu semua merupakan produktivitas akan menjadi sesuatu yang lebih tinggi.
  • Laptop Memiliki Processor yang tinggi bila dibandingkan dengan tablet PC atau smartphone.
  • Laptop sudah dilengkapi CD dan DVD
Perbandingan Pertama Tentang Laptop

  • Laptop Yang relatif mahal
  • Karena cara kerjanya melalui pemerosesan yang tinggi maka kunsumsi baterai laptop cukup tinggi, dan user atau pengguna tidak dapat menggunakan perangkat selama lebih 5-7 Jam
  • Laptop Bila dibandingkan dengan semartphone atau tablet PC, Laptop sulit untuk dibawa harus selalu pakai tas, walaupun laptop tersebut bisa dibawa kemana saja tetapi tetap saja memiliki keterbatasan.
  • Laptop meskipun mirip mobile, user mengkin memiliki masalah dengan berat yang relatif tinggi pada laptop tersebut
2. Tablet PC
Tablet PC ini termasuk perangkat yang termasuk dalam kategori antara Smartphone dan Laptop dalam hal ukuran dan Produktivitas. Namun, perlu dicatat bahwa Tablet PC saat ini sangat berbeda dari apa yang disebut tablet PC beberapa tahun lalu.

Dengan munculnya sistem operasi mobile seperti Android bersama dengan iOS dan Windows 8 telah melakukan kontribusi terhadap peran revolusi saat ini yaitu tablet PC. Layar tablet PC tidak memiliki ukuran laptop, tablet PC lebih kecil tapi tidak sekecil semartphone. Kebanyakan Tablet PC dirancang dengan layar 7 inci atau ada juga yang lebih. Tidak seperti Laptop, tablet PC memiliki keyboard yang menempel pada layar lebih canggih, lebih simpel dibanding Laptop dan suport sistem operasi seperti windows 8.  OS windows 8 ini dibuat untuk PC dan perangkat mobile. Seilahkan lihat perbandingan dibawah :

Perbandingan Pertaman Tablet PC

  • Tablet PC bila dibandingkan dengan laptop, Tablet PC yang lebih portable, berat lebih ringan dibandingkan Laptop dan Ukuran Layar lebih simpel.
  • Tablet PC memiliki Kekuatan pemerosesan biasa-biasa saja, cukup mengakses internet, menagkap gambar, rekam video dll.
  • Tablet PC memiliki daya tahan baterai lebih lama dibandingkan dengan laptop, karena pemerosesan rendah, layar berukuran kecil dan ringan dibawa.
  • Tablet PC akan lebih baik dari smartphone dalam hal ukuran layar dan portabilitas bila dibadingkan dengan laptop. Bila anda akan mengkonversi gadget anda menjadi book reader atau film player, tablet PC akan lebih baik dari Smartphone.
  • Tablet PC yang lebih murah dari harga laptop. Tidak seperti Laptop 
Perbandingan Kedua Tablet PC

  • Tablet PC pasti bagi sebagian pengguna ketika menyentuh keyboard pada layar akan merasa kaku dan sulit untuk menggunakannya terutama jika merekan terbiasa menggunakan keyboard Fisik
  • Tablet PC mungkin perlu ada beberapa pengecualian yang kuat, dengan menggunakan desktop atau Laptop lengkap untuk tingkat produktivitas, seperti untuk sinkronisasi musik favirit anda atau juga Film
  • Tablet PC ketika digunakan untuk game-game berat, tidak akan berjalan dengan stabil dibandingkan dengan Laptop atau PC
  • Tablet PC kebanyakan tidak memiliki fitur untuk menelepon.
3. Smartphone
Ada sejumlah perubahan penting pada ponsel smartphone seperti hilangnya keyboard fiisik tapi ada juga sebagian ponsel smartphone yang memiliki keyboard fisik, kehadiran aplikasi serta munculnya sistem operasi Smartphone termasuk Android, iOS dan Windows Phone sekarang ini, sulit untuk memilih Smartphone dari pasaran karena banyaknya perangkat, yang datang dengan berbagai aplikasi dan sejumlah sistem operasi. Sekarang kita akan beralih ke pro dan kontra dari Smartphone ketika dibandingkan dengan Laptop dan Tablet PC.

Perbandingan Pertama Tentang Smartphone

  • Smartphone cukup portabel untuk memenuhi kantong celana atau baju dengan ukuran yang lebih kecil daripada tablet PC
  • Smartphone bisa digunakan untuk menyimpan berbagai aplikasi dan dapat dengan cepat untuk membukanya ketika pengguna akan membutuhkannya.
  • Smartphone dilengkapi berbagai fitur yang dapat memenuhi kebutuhan teknologi untuk kehidupan pengguna
  • Smartphone bisa digunakan untuk bermain game khusus format smartphone dengan game yang luar biasaSmartphone bisa dipasang aplikasi khusus untuk memenuhi keperluan bisnis
Perbandingan Kedua Smartphone
  • Smartphone memang gampang sekali untuk dibawa kemana-mana, dengan ukuran kecil mungkin tidak cukup saat pengguna ingin menonton film atau membaca eBook
  • Smartphone tidak cocok untuk mengerjakan pekerjaan berat
  • Smartphone sama seprti tablet PC, smartphone butuh bantuan dari desktop atau laptop untuk melengkapi berbagai aplikasi smartphone
Simpulnya silahkan mempertimbangkan kembali apa yang penulis utarakan pada postingan ini tentang cara memilih alat komputasi untuk memenuhi kebutuhan anda, memilih dengan tiga pilihan ini adalah mungkin bagi sebagian orang sangat berat. Kita ambil saja kesimpulan sebagai berikut :

  1. Smartphone pilihan untuk anda, jika kebutuhan anda untuk panggilan suara, akses internet dan berbagai aplikasi
  2. Tablet PC pilihan terbaik, jika tujuan anda adalah membaca e-book, melihat media/berita, untuk akses mudah ke internet dan lain sebagainya yang membutuhkan layar besar.  
  3. Laptop Pilihan anda, jika anda membutuhkan daya tinggi untuk pemerosesan, layar lebar, keyboard fisik dan masih banyak lagi. 

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB