Blog Praktek servis printer & Pendidikan

Perbaiki Charger Laptop Mati Suri bisa Hidup Kembali Setelah Ganti 1 Komponen Ini!

Charger laptop mati suri ternyata kabelnya terputus sehingga laptop tidak bisa menerima aliran listrik dengan normal. Setelah mbah acyl perbaiki dengan cara mengganti kabelnya ternyata charger mati suri bisa hidup normal kembali. Maka dari itu mbah acyl pada kesempatan kali ini mau berbagi pengalaman tentang cara Perbaiki Charger Laptop Mati suri dan Hidup Kembali Setelah diganti 1 Komponen Ini!.

Kenapa disebut mati suri ? karena selama charger laptop sering terjadi putus arus listrik dari charger kadang masuk kadang tidak. Awal mula terjadinya kerusakan charger laptop mati suri yang mbah acyl alami kali ini dikarenakan sering terjadinya benturan fisik dan tarikan kabel tanpa disengaja. dan pada akhirnya charger laptop mati tidak bisa dipakai untuk ngisi daya laptop dengan normal. Ciri charger laptop yang mati suri pada masalah yang mbah acyl alami diperlihatkan pada tampilan lampu led dan tampilan layar laptop, sering terputusnya aliran listrik dari charger.

Cahger sangat diperlukan sekali khususnya untuk mengalirkan aliran listrik PLN ke perangkat leptop sobat, sehingga laptop tersebut bisa digunakan untuk membantu pekerjaan kita selama dibutuhkan. Apa jadinya jika charger laptop mati total, padahal charger adalah salah satu prangkat yang tidak bisa dipisahkan dari Laptop sobat

Langsung saja tanpa panjang lebar tentang bagaimana cara Perbaiki Charger Laptop Mati suri. Tapi sebelumnya supaya sobat tidak ragu untuk melanjutkan ke langkah perbaikan, sobat  harus cari tahu dulu apa masalahnya charger laptop sobat mati suri? yu lanjut..
Perbaiki Charger Laptop Mati Suri bisa Hidup Kembali Setelah Ganti 1 Komponen Ini!
Berikut cara mengatasi dan menghidupkan kembali charger laptop mati suri pada masalah yang disebabkan kabel charger terputus :
  • Pertama buka dulu bungkus atau casing chargernya agar terlihat kabel didalamnya
  • Silahkan cek kabel yang terhubung dari charger ke laptop dengan menggunakan apometer
  • Setelah yakin bahwa kabelnya yang terputus lepas kabelnya menggunakan solder, silahkan ganti dengan kabel yang baru. Bisa didapatkan di toko elektronik. Harga lumayan murah
  • Kemudian pasang kabel charger baru dengan cara di solder dan rapihkan kembali bungkusnya dengan cara di lem dengan rapih,
  • Tahap pengecekan ...selesai..
Perbaiki Charger Laptop Mati Suri bisa Hidup

Tambah pengetahuan sob.. beberapa masalah yang pernah mbah acyl alami pada charger laptop mati total silahkan lanjut baca paparan dibawah :

  • Charger sama sekali tidak bisa terhubung ke laptop
Silahkan di cek pada bagian konektor stopkontak, mungkin saja rusak atau bisa juga longgar yang dapat menyebabkan aliran listrik tidak bisa mengalir. Kemudian cek juga bagian kabel power penghubung antara charge ke stopkontak. akibatnya baterai tidak terisi walaupun laptop terhubung ke charger laptop. Setelah di cek dan dirasa tidak ada kerusakan lanjut ke tahap pemeriksaan selanjutnya.
  • Bisa saja Masalah terputusnya kabel charger
Silahkan periksa kabel charger yang menghubungkan antara charger ke laptop. Perhatikan keadaan kabel, untuk mengetahuinya bisa dilihat dengan kasat mata dengan cara buka dulu casing charger. Perhatikan jika ada bagian kulit kabel yang terkelupas dan lain sebagainya.

Nah bagaimana jika sobat tidak yakin dengan keadaan kabel didalamnya. Apakah kabel terputus didalam atau tidak. Untuk bisa yakin dengan hal ini sobat harus menggunakan alat pengukur yaitu apometer. Kenapa menggunakan apometer karena kabel yang terputus didalam tidak bisa dilihat oleh mata melainkan harus memakai alat pengukur. 

Masalah terputusnya kabel juga akan sangat kuat yang menjadikan charger laptop tidak mengisi, biasanya hal tersebut disebabkan oleh tarikan yang cukup kuat pada kabel charger tersebut seperti yang mbah acyl sebutkan di awal postingan ini. 
  • Tidak stabilnya arus listrik pada adapter
Untuk menghindari masalah yang lebih serius, berhenti dulu bekerja silahkan pinjam dulu charger laptop yang sama. Karena dengan tidak stabilnya kelistrikan pada adapter tersebut malah bisa menjadikan laptop sobat yang akan rusak. Masalah ini sering terjadi pada adapter charger yang bukan bawaan laptop atau biasa disebut lokal. Itu terjadi karena tidak sesuai daya yang dikeluarkan dari adapter menuju laptop.

Untuk yang lebih cepat dan akurat silahkan pinjam dulu carger yang sama untuk cek masalah charger yang sebenarnya.

Demikian uraian tentang masalah charger laptop mati suri dan cara memperbaikinya sampai hidup kembali setelah ganti kabel chargernya, semoga bermanfaat..

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB