Blog Praktek servis printer & Pendidikan

Perlu diketahui Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan

Yang  Perlu diketahui Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan

 
durian

Ketahui Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan

Banyak sekali Manfaat dan bahaya durian - Sebelumnya kita telah menjelaskan manfaat durian secara umum bagi kesehatan tubuh. Buah durian adalah termasuk buah-buahan yang besar bahkan termasuk dari daftar buah terbesar dengan kulitnya berduri-duri tajam dan keras. Buah durian memiliki berat biasanya antra 1 kg-4kg, sementara diameternya bisa mencapai 15 hingga 30 cm. Daging buah durian biasanya bewarna kuning ke emasan, namun ada juga yang kadang berwarna putih agak pucat (ini biasanya tidak manis). Biji durian ada yang besar dan ada yang kecil tergantung dari jenis durian itu sendiri.

Manfaat dan Bahaya Durian bagi Kesehatan

Pohon durian tumbuh secara liar dihutan-hutan Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand, dan ada juga yang tumbuh karena dibudidaya, ini adalah yang terbanyak. Pohon durian akan berbuah ketika umur tanamnya sudah 4 tahun. Pohon durian akan tumbuh terus hingga mencapai ketinggian 50 meter. Jadi tanaman ini akan bertahan selama berpuluh-puluh tahun lamanya.

Manfaat Buah Durian bagi kesehatan Tubuh
  1. Durian bisa menjadi buah yang bagus untuk pencernaan, sehingga buah ini bisa mengatasi sembelit yang dirasakan seseorang. Kandungan serat yang tinggi dalam daging buah durian menjadi alasan buah ini penting dimakan oleh yang menderita masalah pencernaan.
  2. Mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian menjadikan buah berdaging bau enak ini bagus untuk menjadi produser sel darah merah, sehingga kekurangan darah bisa di atasi.
  3. Bagus untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C dalam buah durian menjadikan buah berkulit duri ini bagus dalam mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Vitamin dalam durian berperan sebagai anti oksidan yang bagus menjaga kerusakan sel kulit
  4. Durian bermanfaat untuk tulang dan persendian. Kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, ruas jari dll.
  5. Manfaat durian untuk mengatur kestabilan darah. Buah durian bisa mengstabilkan darah, ini dkikarenakan dalam buah ini mengandung mangan. Kendati demikian, tetap tidka bagus kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  6. Kandungan tembaga dalam buah durian bagus dalam menjaga kesehatan tiroid. 
  7. Karena banyak kandungan vitamin B1, maka buah durian bermanfaat juga untuk menjaga nafsu makan
  8. Kandungan senyawa iboflavin atau Vitamin B2 dalam durian membuat buah enak ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.
  9. Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, ini tidak lain karena dalam buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin
  10. Porfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut
Bahaya mengkonsumsi Buah Durian

Bahaya Buah Durian

Menyebabkan Kematian Janin

Janin yang ada di dalam kandungan tidak mampu menahan panas yang berlebihan. Jika wanita hamil memakan durian, efeknya di perut akan panas. Panas berlebih akan memicu kematian janin. Rasa panas tersebut akibat kandungan alkohol yang tinggi. Kadar alkohol tinggi juga ditemukan pada buah nangka, buah nanas dan tape.  Buat ibu hamil sebaiknya meminimalisir konsumsi semua buah tersebut.

Menyebabkan Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh konsumsi durian secara berlebihan. Kasus orang meninggal dikarenakan sudah ada riwayat sakit jantung di dalam dirinya. Penyakit jantung yang diderita akan diperburuk dengan konsumsi durian yang berlebihan. Penyebab seseorang terkena sakit jantung dan berakibat kematian adalah degup jantung cenderung cepat. Alkohol dan kandungan kolesterol yang tinggi pada buah durian membuat detak jantung penderita jantung terpacu lebih cepat lagi.
Menyebabkan Diabetes

Orang yang memiliki riwayat keluarga diabetes atau kencing manis tidak boleh memakan buah durian lebih dari dua buah. Kandungan glukosa yang tinggi dalam durian bisa memacu naiknya kadar gula darah, sehingga resiko terkena diabetes semakin besar.

Penderita diabetes tidak boleh memakan durian lebih dari lima biji. Kandungan glukosa di dalam durian bisa menaikkan kadar gula darah penderita diabetes lebih cepat dibandingkan dengan glukosa di dalam gula pasir. Akan sangat berbahaya ketika penderita diabetes mengkonsumsi durian berlebih, selain menaikkan gula darah juga bisa menyebabkan kematian akibat gula darah tinggi.

Menyebabkan Kolestrol

Durian mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Bagi orang yang sebelumnya memiliki riwayat kolesterol sebaiknya jangan mengkonsumsi durian secara berlebihan. Memakan durian secara berlebihan bisa memancing kadar kolesterol naik. 
Jika ingin memakan durian, makanlah paling banyak satu buah saja. Jika kolesterol tinggi akan memancing semuanya menjadi tinggi seperti asam urat tinggi. Dengan kolesterol dan asam urat tinggi bisa memancing terjadinya komplikasi. Komplikasi inilah yang sangat fatal bagi kesehatan seseorang.

Menyebabkan Kematian bagi Penderita Hipertensi

Orang yang terkena hipertensi biasanya memiliki komplikasi dengan penyakit jantung. 
Kandungan alkohol yang ada di dalam buah durian mampu menaikkan tekanan darah penderita hipertensi. Tekanan darah naik akan memicu detak  jantung lebih cepat dan terserang penyakit jantung secara mendadak.

Menyebabkan Luka dari duri durian

Si TAJAM!! yang satu ini sangat berbahaya sekali, berhati-hatilah saat mengupas buah durian karena dapat menyebabkan luka dan jauhkan pula dari jangkauan anak - anak..

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB