Blog Praktek servis printer & Pendidikan

Printer Epson L120 Ngeprin Blank Kosong Penyebab Selang Tinta Mampet

Pada postingan mbah kali ini printer epson l120 selang tinta mampet dan lupa head cleaning setelah sekian lama tidak digunakan dan tidak dinyalakan lebih dari 6 bulan lamanya, pada saat digunakan untuk mencetak hasilnya malah kosong blank putih. Ternyata mampetnya selang tinta bisa menyebabkan Printer Epson L120 ngeprint blank atau kosong. Mbah coba head clening berhasil 100% dan printer sudah bisa digunakan kembali.
printer epson l120, hasil cetak blank kosong
Sebenarnya banyak penyebab yang bisa membuat printer blank prin, seperti : rusak sensor kertas, mampet tinta, tinta kosong, debu yang berlebihan dalam printer, head rusak, kabel flexibel putus dan ada juga komponen matherbord printer rusak seperti IC atau juga fuse.

Artikel Terkait :
8 Komponen printer yang sering rusak
- Penyebab tinta hitam tidak keluar dan solusinya

Berikut penyebab terjadinya printer Epson L120 Ngeprin Blank yang disebabkan oleh selang tinta mampet :

  • Tinta Mengetal karena printer sudah lama tidak digunakan untuk mencetak dan sudah lama juga tidak dihidupkan. ( Dengan menghidupkan printer satu minggu sekali walaupun printer tidak akan digunakan itu akan membantu untuk menghindari masalah selang printer mampet yang akan menyebabkan printer cetak blank kosong. Karena dengan menghidupkan printer akan memompa tinta dari tabungnya )
  • Tabung tinta masuk debu. ( Harus diperhatikan ini bukan sepele tapi pasti, pada saat mengisi tinta printer jangan lupa untuk menutup kembali penutup tabungnya. Kalau terbuka bisa terjadi masuknya debu yang akan menyebabkan berjalannya tinta tidak normal atau mampet selang tinta membuat printer mencetak blank kosong).
  • Selang tinta terjepit ( Kenapa selang tinta bisa terjepit, mungkin printer epson l120 sobat pernah dibongkar, pada saat pemasangan selang tinta terjepit sehingga tidak bisa menyedot tinta dengan normal dari tabung. Itu juga bisa menyebabkan tinta mampet dan hasil cetak atau print blank kosong ).
  • Head printer tertutup tinta beku ( Terjadinya selang tinta mampet dan cetak blank kosong bisa jadi bukan selang akan tetapi headnya yang bermasalah, Pada saat mencetak dan hasilnya blank kosong salah satu faktor utamanya bisa disebabkan oleh adanya tinta yang membeku pada head printer epson karena sudah lama tidak digunakan. Membersihkannya bisa emnggunakan cairan pembersih khusus untuk head printer )
  • Pompa head tidak fungsi  ( Masalah tinta macet atau mampet pada selang cek dulu apakah ada tinta keluar dari pembuangan, kalau tidak ada keluar berarti pompa head bermasalah. Pompa head yang berada tepat dibawah head printer yang menuju jalur pembuangan )
  • Tinta tidak Kompetibel dengan tipe printer Perhatikan dan cocokan dahulu sebelum membeli tinta, sesuaikan dengan tipe printer yang sobat gunakan, jangan asal beli tinta yang akan. ( menyebabkan printer hasil cetaknya blank kosong karena tinta tidak bisa dikenali oleh printer dan headnya error).
Sekian masalah printer epson l120 hasil cetaknya blank kosong yang mbah ketahui dan pernah alami penyebabnya. Semoga bisa bermanfaat mohon maaf postingan blog pratek servis masih banyak sekali kekurangannya. Kami ucapkan terimakasih yang telah menyempatkan untuk berkunjung di blog praktek servis ini dan silahkan berkomentar untuk perbaikan blog kami.

Artikel Terkait :

No comments:

Post a Comment

bahacyl. Powered by Blogger.
Copyright © Praktek Servis. All rights reserved. Template by CB